Istilah-Istilah Penting dalam SEO yang Perlu Kamu Ketahui

Istilah penting dalam SEO

Apakah kamu baru terjun ke dunia digital marketing? Apakah kamu ingin berfokus pada strategi SEO tetapi mendengar banyak istilah yang terdengar rumit? Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan pemahaman yang jelas dan sederhana tentang istilah-istilah penting dalam dunia optimasi mesin pencari (SEO). Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Apa Itu SEO dan Mengapa Penting?

SEO atau Search Engine Optimization, adalah rangkaian strategi untuk meningkatkan visibilitas sebuah website di mesin pencari seperti Google. lalu kenapa ini penting? Jawabannya adalah karena sebagian besar orang mencari informasi melalui Google dan jika websitemu muncul di halaman pertama, peluang mendapatkan pengunjung akan meningkat.

Istilah Penting dalam SEO

Ada banyak sekali istilah penting di dalam SEO. Akan tetapi, dalam artikel ini, kita hanya akan membahas istilah-istilah utama dan paling mendasar seperti keyword, on page, off page, SERP, algoritma, dan crawling.

1. Keywords atau Keyphrase

Salah satu istilah paling dasar adalah “keywords” atau kata kunci. Keywords adalah kata atau frasa yang orang ketik di Google saat mencari sesuatu. Misalnya, jika kamu memiliki toko online sepatu, kata kunci yang relevan mungkin adalah “sepatu casual” atau “sepatu olahraga.” Menggunakan kata kunci ini secara strategis dan umum di konten website akan membantu Google memahami tentang apa yang ada di dalam website.

2. On-Page SEO

On-Page dalam SEO mencakup strategi yang dilakukan di dalam website untuk meningkatkan peringkat di Google seperti artikel-artikel website. Salah satu elemen utama dari On-Page SEO adalah penggunaan kata kunci di judul, deskripsi, dan konten halaman. Pastikan kata kunci utama muncul beberapa kali, tetapi jangan berlebihan dan buatlah kata kunci tersebut tampil secara alami. Google lebih suka konten yang relevan dan alami.

Menggunakan tools seperti Google Keyword Planner dapat membantumu menemukan kata kunci yang paling relevan dengan bisnis atau topik yang kamu bahas di website. Jangan lupa untuk menyertakan variasi kata kunci untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

3. Off-Page SEO

Selain On-Page, ada juga OffPage yang melibatkan upaya di luar website untuk meningkatkan reputasi website. Backlink atau tautan dari website lain ke website kamu adalah faktor yang sangat penting dalam Off-Page SEO. Semakin banyak website berkualitas tinggi yang memberikan backlink ke websitemu, maka akan semakin baik pula peringkat websitemu di mata Google.

4. Search Engine Result Page (SERP)

Search Engine Results Page atau SERP adalah halaman yang muncul setelah kamu melakukan pencarian di Google. Memahami bagaimana SERP bekerja penting untuk mengoptimalkan kontenmu. Konten yang relevan dan memenuhi kebutuhan pencari memiliki peluang besar untuk menempati posisi teratas di SERP.

5. Algoritma

Algoritma adalah serangkaian aturan yang ditetapkan oleh mesin pencari untuk menentukan peringkat website. Google sebagai mesin pencari terbesar, memiliki algoritma yang kompleks. Meskipun algoritma ini sering berubah, fokus pada konten berkualitas, kecepatan loading halaman, dan mobile-friendliness tetap menjadi faktor penting.

8. Crawling

Crawling adalah suatu proses di mana Google menjelajahi, memeriksa, atau mengambil informasi dari berbagai website secara teratur. Fungsi dari crawling adalah untuk menilai kualitas suatu website. Crawling melibatkan penggunaan program komputer yang disebut “bot” atau “spider.” Bot ini seperti Googlebot yang digunakan oleh Google yang bertugas menjelajahi dan menilai kualitas website.

Penutup

Sekarang kamu telah memahami beberapa istilah dasar, saatnya untuk mulai mengoptimalkan website kamu. Ingatlah bahwa SEO adalah proses berkelanjutan dan perubahan algoritma dapat mempengaruhi peringkat website. Tetapi dengan memahami istilah-istilah dasar ini, kamu sudah memiliki dasar yang kuat untuk membangun strategi SEO yang efektif.