Pengertian SEO

Pada era yang serba digital ini hampir seluruh pebisnis menggunakan strategi digital marketing untuk mengoptimalkan pemasaran bisnisnya. Oleh karena itu, suatu perusahaan pasti memiliki media sosial hingga website yang digunakan untuk kegiatan marketingnya. Namun, konsep digital marketing tidak hanya sekedar posting-posting konten aja lho.
Salah satu strategi yang digunakan dalam digital marketing agar bisa menembus posisi tertinggi pada halaman pencarian adalah dengan menggunakan SEO.
Lalu, apa sih SEO itu?
Search Engine Optimization atau lebih dikenal sebagai SEO merupakan sebuah teknik untuk mengoptimasi sebuah website agar dapat menempati peringkat teratas pada halaman pencarian Google. Dengan adanya teknik ini seseorang akan lebih mudah untuk menemukan sebuah situs sehingga berpotensi untuk meningkatkan traffic website tersebut.
Meningkatnya traffic pada suatu website dipengaruhi oleh pencarian organik dengan memasukkan kata kunci tertentu. Oleh sebab itu, perlu penggunaan kata kunci yang tepat agar sebuah website bisa berada di halaman pertama Google.
Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa SEO sangat menentukan keberhasilan website. Jika SEO suatu website bagus maka website tersebut berpotensi untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian ketika pengunjung memasukan kata kunci tertentu di Google.
Saat ini terdapat tiga jenis optimasi website yang dapat digunakan untuk meningkatkan sebuah website. Berikut penjelasannya
Jenis-jenis SEO
- SEO On Page
SEO on page bertujuan untuk mengoptimalkan konten website yang berkualitas agar mudah ditemukan oleh pengunjung. Hal-hal yang dimaksimalkan dalam SEO on page meliputi, permalink atau URL, judul konten, struktur konten, optimasi kata kunci, heading, gambar konten, meta deskripsi.
- SEO Off Page
SEO off page bertujuan untuk mengoptimalkan website pada area luar seperti seberapa besar manfaat dan relevansi sebuah konten itu. Hal-hal yang dimaksimalkan dalam SEO off page meliputi, link building, outreach marketing, guest post.
- Technical SEO
Technical SEO bertujuan untuk mengoptimasi teknis website agar sesuai dengan algoritma mesin pencari meliputi, kecepatan halaman, struktur website, crawling, pengindeksan, rendering, duplikat konten, struktur data.
Meskipun pada umumnya SEO digunakan untuk menaikkan traffic website. Tapi ternyata SEO juge memiliki manfaat lain lho. Simak penjelasannya.
4 Manfaat SEO dalam Bisnis
- Mempermudah dalam Menemukan Website
Saat menginginkan sebuah informasi seseorang pasti akan mencarinya melalui mesin pencari dengan menggunakan kata kunci tertentu.
SEO ikut serta dalam mengotak-atik kata kunci pada website, sehingga mempermudah seseorang dalam menemukan dan mengunjungi website melalui kata kunci tertentu. Teknik ini memberikan peluang besar pada sebuah website untuk berada di halaman pertama Google.
2. Meningkatkan Pembelian Produk atau Layanan
Optimasi mesin pencari mampu menjangkau target pengunjung lebih luas dan efektif. Misalnya sebuah perusahaan ingin menjangkau pasar yang lebih luas, maka perlu peningkatan strategi pemasaran dengan menggunakan situs website yang dioptimalkan dengan SEO.
Sebenarnya strategi pemasaran menggunakan media sosial juga banyak digunakan. Namun, jangkauannya kurang luas. Beda halnya dengan Google yang merupakan platform ternama yang dikenal seluruh masyarakat, sehingga mampu menjangkau target pasar yang lebih luas.
3. Membangun Brand Awareness
Ketika sebuah website dioptimalkan dengan SEO, maka website tersebut akan sering muncul di mesin pencarian pada peringkat tertinggi. Hal itu dikarenakan website tersebut telah memenuhi algoritma Google.
Secara tidak langsung hal tersebut dapat mempromosikan sebuah merek, sehingga memungkinkan banyak orang baru yang akan mengenal merek tersebut.
Dengan kata lain, semakin sering website tampil di halaman pertama Google, maka semakin besar brand awareness yang didapat.
4. Investasi Jangka Panjang
Manfaat SEO yang paling banyak dirasakan oleh sebuah perusahaan adalah bisa dijadikan investasi jangka panjang dengan hasil yang besar. Meskipun tidak bisa dirasakan secara instan tetapi penggunaan SEO sangat berdampak pada perluasan peluang bisnis.
Ketika menggunakan SEO, iklan akan terus berlanjut meskipun pembayarannya sudah habis. Selagi pengguna dapat mengelola dan mengikuti perkembangan dengan baik maka keuntungan akan terus didapatkan
Jadi, SEO bermanfaat dalam mengoptimasi sebuah website guna meningkatkan traffic dan membantu mempromosikan sebuah produk maupun layanan. Sehingga SEO sangat diperlukan dalam strategi pemasaran digital.